Pertanian Indonesia (Siap) Hadapi era Industri 4.0

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Perkembangan zaman tidak dapat dihentikan oleh apapun, tak terasa saat ini dunia telah memasuki era industri 4.0. Era industri 4.0 menuntut berbagai sektor untuk menerapkan berbagai teknologi agar terus berkembang mengikuti alur yang dinamis. Salah satunya pada pertanian sebagai salah satu sektor utama dalam penyediaan bahan pangan.

Dilansir Okezone.com, Di indonesia, untuk mendukung revolusi industri 4.0, sektor pertanian yang akan datang sedang bereksperimen dengan model dan inovasi bisnis baru, yaitu: pertanian presisi, pertanian vertikal, pertanian pintar (smart farming). Data besar, sensor dan drone, alat analisis, internet pertanian dan otomatisasi alsintan adalah beberapa teknologi yang mendukung industri 4.0. Pemanfaatan Internet of Thing (IoT) dalam Internet Pertanian adalah untuk meng-connect benda-benda sekitar kita dengan internet melalui smarphone maupun gadget lainnya.

Hal tersebut melengkapi dan mengembangkan praktik pertanian modern yang selama ini sudah dijalankan. Termasuk kedalamnya pemanfaatan irigasi, pengolahan lahan, penggunaan pupuk dan pestisida, pengembangan varietas tanaman baru, pengolahan pasca panen, serta pemasaran.

Lalu apakah para petani siap menghadapi perubahan tak terelakkan ini? Bagaimana masa depan nasib petani di era Revolusi Industri 4.0? Strategi apa yang mestinya dilakukan pemerintah dalam mengawal pertanian di era revolusi Industri 4.0?

Fakta di lapangan menunjukkan generasi milenial saat ini hanya sedikit yang memiliki keinginan untuk terjun di dunia pertanian. Hal ini dikarenakan perspektif yang saat ini berkembang dunia pertanian merupakan bidang sangat menjemukkan, kurang prospektif. Perspektif ini timbul melihat perkembangan dunia pertanian yang saat ini lebih banyak dihuni oleh kalangan generasi tua, dan prosesnya yang sangat lama untuk dapat menghasilkan produk. Maka dari itu, perlu adanya fokus pada pengembangan sumberdaya manusia

Guna menyiapkan Indonesia agar sedia menghadapi era industri 4.0, fokus pemerintah tidak hanya pada pengembangan teknologi yang diterapkan pada proses pertanian tetapi juga harus berfokus pada pengembangan sumberdaya manusia. Apabila melihat sumberdaya pertanian yang saat ini masih banyak dihuni oleh generasi tua, maka pemerintah perlu memfokuskan agar generasi selanjutnya siap menghadapi perubahan yang tak dapat terelakkan ini.

Sumberdaya manusia terutama generasi milenial, dituntut untuk siap mengahadapi era Industri 4.0. Sebagai generasi milenial yang dikenal sudah melek teknologi, kita harus siap untuk menghadapi era ini. Persiapan generasi milenial dapat dimulai dari memanfaatkan teknologi yang ada. Sebagai generasi milenial yang menjadi generasi penerus dan tumpuan dalam era industri 4.0 saat ini, sudah sepantasnya kita mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi datangnya era tersebut. Tanpa adanya persiapan yang matang sedari awal akan membuat kita dapat terganjal dalam menghadapi era industri 4.0 ini.

Oleh: Catur Cahyoko* Mahasiswa Teknik Pertanian 2016
Sumber gambar: Kompasiana.com

Print Friendly, PDF & Email
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

Orang berkomentar