Revolusi Pers di Era Digital

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
7

Pers merupakan media untuk menghadirkan informasi mengenai setiap aspek kehidupan manusia. Berdasarkan fungsi dan peranannya, lembaga pers sering dianggap sebagai pilar keempat demokrasi (the fourth estate). Pers menjadi elemen terpenting pada kehidupan manusia sejak dulu. Di zaman sekarang ini kehadiran elektronika sangat berpengaruh pada kehidupan termasuk media massa.

Dulu informasi bisa didapatkan melalui koran, majalah, maupun media cetak lainnya. Namun, sekarang minat masyarakat untuk membaca berita melalui media cetak menurun drastis. Eksistensi media cetak mulai tergerus dikarenakan timbulnya media-media elektronik baru. Hal ini mengakibatkan media massa mulai berlomba untuk berevolusi menjadi lebih canggih. Perkembangan media elektronik dapat dilihat mulai dari munculnya portal-portal website berita, acara berita di televisi, sampai pada platform media sosial.

Segala bentuk informasi semakin cepat dan mudah didapat pada era digital ini melalui perangkat elektronik. Hal ini mengakibatkan peranan pers menjadi semakin penting dan krusial bagi masyarakat Indonesia. Penyampaian informasi yang dilakukan harus semakin ditingkatkan beriringan dengan semakin mudahnya informasi-informasi palsu (Hoax) tersebar di masyarakat. Media yang kredibel harus terus menyediakan informasi yang aktual dan sesuai fakta. Keberadaan pers di era sekarang ini semakin dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Sehingga lembaga pers dianggap dapat mengontrol dan mempengaruhi aspek seperti politik, ekonomi, serta sosial.

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019 digunakan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) untuk menjadi momentum penguatan peran pers sebagai jembatan sekaligus ujung tombak ekonomi kerakyatan berbasis digital. Oleh karena itu, HPN tahun ini mengangkat tema “Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital”. Di era digital ini, perekonomian Indonesia meningkat dengan pesat. Lapangan pekerjaan semakin mudah dibuat serta Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan industri rumahan semakin mudah memasarkan produk mereka melalui perangkat digital. Dapat dilihat di era sekarang ini bahwasanya konsumen dan produsen lebih mudah melalkukan transaksi melalui aplikasi online.

Dalam hal ini pers diharapkan dapat melindungi industri kecil yang kalah dalam persaingan perdagangan. Karena permasalahan mengenai perkembangan usaha-usaha kecil ini harus ditangani oleh pemerintah, sehingga dapat bersaing di industri besar. Lembaga pers dapat membantu menyoroti persaingan ekonomi di era digital ini dan menyuarakan masukan dari masyarakat melalui kritiknya terhadap pemerintah. Dengan begitu, UKM-UKM kecil yang ada di Indonesia dapat semakin berkembang.

Selamat Hari Pers Nasional 2019. Tetap suarakan kebenaran tanpa tergerus zaman.

Oleh: Velita Festy Anindita* Mahasiswa Agroteknologi 2017

Print Friendly, PDF & Email
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
7

Komentar

Orang berkomentar