Menumbuhkan Kesadaran Tolong Menolong Bersama PMI

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
341
Menumbuhkan Kesadaran Tolong Menolong Bersama PMI Book Cover Menumbuhkan Kesadaran Tolong Menolong Bersama PMI
Selasa, 17 September 2019

Ada banyak sekali organisasi, lembaga maupun komunitas yang mewadahi orang-orang di dalamnya guna meningkatkan rasa kemanusiaan antar sesama. Salah satu yang terbesar ialah palang merah. Palang merah merupakan organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan. Orang-orang yang tergabung di dalamnya merupakan para sukarelawan yang memiliki niat kuat untuk membantu permasalahan kemanusiaan yang tidak ada habisnya. Permasalahan kemanusiaan sendiri dapat terjadi karena berbagai macam keadaan, contohnya ketika terjadi konflik internal, peperangan antar negara, maupun bencana yang menimbulkan korban. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi para sukarelawan palang merah untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada dengan cepat dan tanggap. Oleh karenanya, palang merah tentu menjadi elemen yang sangat penting dalam hidup manusia.

Palang Merah Indonesia (PMI) biasanya melakukan musyawarah kerja nasional untuk membahas evaluasi, pencapaian, serta program kerja kedepannya seperti organisasi pada umumnya. Hal tersebut dilakukan agar pelaksanaan di periode selanjutnya menjadi lebih baik lagi. Dilihat dari banyaknya konflik yang terjadi dan menurunnya tingkat kesadaran untuk bersama-sama saling membantu, oleh karenanya musyawarah kerja nasional Palang Merah Indonesia pada tahun 2019 ini mengangkat tema “Kebersamaan dalam Kemanusiaan”. Kebanyakan orang seringkali merasa iba akan tetapi tak mampu membantu apabila melihat orang lain kesulitan. Stigma masyarakat bahwa yang boleh membantu korban bencana hanya orang-orang tertentu saja merupakan hal yang salah. Padahal sebenarnya, seluruh elemen masyarakat dapat membantu walaupun hanya hal kecil seperti memberikan dukungan moral bagi korban maupun sukarelawan PMI.

Peringatan hari lahir atau berdirinya PMI diadakan untuk meningkatkan dan membangkitkan rasa kemanusiaan seluruh elemen masyarakat Indonesia, utamanya di zaman milenial ini, dimana orang-orang kebanyakan lebih sering bersikap acuh tak acuh terhadap keadaan di sekitarnya. Padahal, manusia itu merupakan makhluk sosial, yang artinya manusia tidak dapat hidup sendirian dan saling membutuhkan satu sama lain. Selain itu, peringatan Hari Palang Merah Indonesia juga digunakan sebagai bentuk apresiasi dan dukungan penuh terhadap para sukarelawan yang dengan tulusnya membantu warga yang sedang mengalami kesulitan.

Selamat Hari Palang Merah Indonesia 2019. Tetaplah berbuat baik dan jangan biarkan orang lain menderita tanpa ada uluran tangan yang siap membantu.

Oleh: Syahid M. Furqon *Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan 2018

Print Friendly, PDF & Email
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
341

Komentar

Orang berkomentar