Perbaiki Lingkungan Hidup Mulai dari Diri Sendiri

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

Hari lingkungan hidup nasional diperingati setiap tanggal 10 januari yang bertujuan untuk mengingatkan serta meningkatkan kesadaran kita agar tetap melestarikan kondisi lingkungan yang kita tempati. Menjaga kondisi lingkungan di sekitar kita tentunya sangat penting dilakukan mengingat di sinilah tempat kita tumbuh dan berkembang. Selain itu, bukan hanya kita yang menempati lingkungan hidup, Makhluk hidup lainnya baik yang berukuran kecil maupun besar juga hidup di dalamnya.
Berbicara tentang lingkungan hidup, sebenarnya kita sudah paham belum sih apa yang dimaksud dengan lingkungan hidup? Kalau menurut kalian lingkungan hidup itu hanya sebatas lingkungan tempat kalian tinggal, maka pemahaman kalian kurang luas. Lingkungan hidup tidak hanya sebatas lingkungan sekitar tempat kalian hidup. Menurut UU No.23 Tahun 1997 yang dimaksud dengan lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain. Dalam undang-undang tertulis bahwa lingkungan hidup tidak hanya mengenai lingkungan saja, namun juga tentang keberlangsungan hidup manusia seperti kebutuhan pangan dan tempat tinggal. Banyak permasalahan yang menjadi perhatian bila membicarakan lingkungan hidup seperti polusi, perubahan iklim atau climate change, pertumbuhan penduduk, berkurangnya sumber daya alam, berkurangnya biodiversitas, deforestasi, dan lain-lain.
Banjir yang melanda sebagian daerah di Jabodetabek menjadi bukti nyata bahwa kondisi lingkungan hidup sudah kurang terawat. Populasi penduduk yang tinggi namun tidak diimbangi dengan luas lahan yang cukup menyebabkan tingkat populasi di daerah jabodetabek tergolong cukup tinggi. Ditambah lagi dengan minimnya ruang terbuka hijau dan resapan air, banyaknya sampah yang menumpuk di sungai-sungai, maka tak mengherankan apabila terjadi hujan deras dalam beberapa jam saja dapat mengakibatkan meluapnya air sungai dan menyebabkan banjir.
Sebagai manusia yang dikaruniai akal, sudah seharusnya kita menjaga kondisi lingkungan hidup agar tetap terawat. Menjaga kondisi lingkungan hidup dapat dimulai dari hal-hal kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan, mengurangi penggunaan produk kemasan sekali pakai, mengurangi penggunaan plastik, melakukan daur ulang, menghemat penggunaan air, dan lain sebagainya. Dengan demikian kita dapat menjaga kondisi lingkungan hidup agar tetap pada kondisi yang sebagaimana mestinya demi generasi di masa yang akan datang.
Dengan diperingatinya hari lingkungan hidup nasional, semoga kita dapat lebih meningkatkan kesadaran diri kita akan pentingnya menjaga kondisi lingkungan hidup agar tetap dalam kondisi yang baik untuk kelangsungan hidup semua makhluk untuk masa depan mengingat ini merupakan salah satu nikmat tuhan yang harus kita syukuri. Selamat hari lingkungan hidup nasional.

Oleh: Alfie Hasan Aljabar *Mahasiswa Agroteknologi 2017

Sumber gambar: Agc/Catur

Print Friendly, PDF & Email
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

Komentar

Orang berkomentar