Pandemi, Alur Penelitian Butuh Klarifikasi

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
629111

Penelitian merupakan tahap akhir mahasiswa sebelum menyusun skripsi. Namun, adanya pandemi menyebabkan perubahan pada alur pendaftaran penelitian di Fakultas Pertanian (Faperta). Perubahan tahapan ini ternyata tidak berjalan dengan semestinya, karena adanya miss komunikasi dan informasi antara pihak komisi tugas akhir dengan mahasiswa.

Informasi pendaftaran masih kurang merata sehingga membuat sebagian mahasiswa merasa kebingungan. “Kita dapat informasi alur dari teman-teman. Memang agak simpang siur, informasinya kurang mendetail,” ungkap Ulfah Sabila, mahasiswa Agroteknologi 2017 (24/10). Padahal informasi mengenai alur pendaftaran penelitian secara daring ini sangat penting untuk melancarkan penelitian yang akan dilakukan. Sementara itu, Dr. Ir. Hidayah Dwiyanti, M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik menyatakan bahwa penyampaian informasi setiap Prodi berbeda, “Setiap prodi memiliki komisi dan prosedurnya masing-masing,” (24/10).

Pihak komisi tugas akhir menyatakan telah melakukan sosialisasi melalui berbagai media agar informasi dapat diterima dengan baik oleh mahasiswa, ”Sejak bulan Juli telah dilakukan sosialisasi melalui kaprodi dan UKM,” ujar Ir. G.H. Sumartono, MS, M.Si. selaku Ketua Komisi Tugas Akhir (26/10). Selain itu, proses pendaftaran penelitian di masa pandemi lebih dipermudah, “Jalurnya dipersingkat jika dirasa sudah cukup syaratnya dapat mengajukan outline,” jelas Sumartono. Di sisi lain, pembekalan mengenai alur pendaftaran telah dilakukan pada Program Studi Teknologi Pangan, “Sudah ada pembekalan secara online dan offline, namun pembekalan offline dibatasi,” ujar Farah Faustina Hapsari, mahasiswa Teknologi Pangan 2017 (25/10). 

Simpang siurnya informasi mengenai alur pendaftaran penelitian ini menimbulkan harapan dari berbagai pihak. Ulfah berharap, “Semoga angkatan 2017 terutama Fakultas Pertanian, bisa menyelesaikan penelitian dan wisuda pada waktu yang tepat walaupun tidak ada pembekalan,” harapnya. Harapan lain diungkapkan oleh Hidayah, “Tetap jaga komunikasi dengan komisi dan sebagai mahasiswa harus lebih update informasi,” tuturnya. (Agc/Furqon/Evi)

 

Karikatur: Agc/Rivan

Print Friendly, PDF & Email
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
629111

Komentar

Orang berkomentar