Telah diresmikan, Pembelajaran Daring (Masih) Perlu Evaluasi

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
146

Metode pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) telah diresmikan pada 1 Oktober 2019. Hingga saat ini pembelajaran daring baru diterapkan untuk beberapa Mata Kuliah (Matkul) di beberapa Fakultas. Meskipun sudah berjalan, namun banyak mahasiswa yang belum mengetahui dan mengeluhkan adanya penerapan pembelajaran daring.
Program sistem pembelajaran daring sudah dicanangkan sejak 2005 oleh kemenristekdikti, ”Sekarang menjadi kewajiban bagi seluruh perguruan tinggi di Indonesia,” ujar Ketua LP3M Ir. Suprayogi M.Sc., Ph.D (15/10).. Sebagai pemegang mandat, LP3M mendesain dan melatih dosen dalam membuat konten dan peraturannya, “Kami melatih dosen untuk membuat materi agar mahasiswa paham meski tanpa bertatap muka, kemudian dosen yang mengupload,” imbuh Suprayogi. Nantinya mahasiswa akan dimonitor pada sistem daring tersebut, “Apabila mahasiswa tidak login akan ketahuan, mahasiswa juga akan dikontrol dengan adanya kuis,” tambahnya.
Namun hingga kini, penyajian materi sistem daring masih banyak dikeluhkan oleh beberapa mahasiswa, “Materinya sulit dipahami, tapi karena e-learning jadi ngga bisa langsung tanya ke dosen,” keluh Raden Aliyya Putri Kusuma, Mahasiswi Agroteknologi 2018 (23/10). Selain itu, pada praktiknya mahasiswa harus tetap mengisi daftar hadir manual di kelas, “Seharusnya yang login sudah termasuk hadir, tapi nyatanya tetap harus fingerprint dan mengisi absensi ke kampus,” ujar Raden.
Terkait peresmian pembelajaran daring, harapan bermunculan dari berbagai pihak. Raden berharap agar kedepannya sistem daring lebih dimatangkan, “Dipersiapkan lagi, agar materinya lebih mudah dipahami,” harapnya. Suprayogi juga menginginkan agar pembelajaran daring dapat dikembangkan dan mutu pembelajaran dapat meningkat, “Harapannya semakin banyak matkul yang menggunakan metode daring, dan lintas pembelajaran tetap terjaga,” pungkasnya. (Ammar/Gita)

Karikatur : Agc/Adri

Print Friendly, PDF & Email
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
146

Komentar

Orang berkomentar