Savesoedirman Adakan Workshop Penyusunan Unit Cost

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Pembicara sedang menyampaikan materi tentang penyusunan unit cost[/caption]

Agenda savesoedirman di tahun 2013 diawali dengan workshop perhitungan dan penyusunan Unit Cost di gedung Roediro, Sabtu (05/01). Dihadiri oleh 82 mahasiswa, acara berlangsung pukul 09.45 pagi ini. Materi yang diberikan adalah penyusunan unit cost program studi dengan dasar model Activity Based Costing (ABC).

Materi diberikan oleh tim ahli Unsoed yang diwakili Ir Masrukhi MP, Dr. Wita Ramadhanti, SE., MSA., Ak dan Yanuar Eko Restianto, SE, M.Acc. Menurut Masrukhi unit cost sudah dibuat setahun lalu, pada bulan Januari dengan form versi Unsoed. Namun, pada November lalu dikti memberikan form unit cost sehingga Unsoed perlu merevisi perhitungan unit cost kembali dengan versi dikti.

Perhitungan unit cost terdiri dari biaya langsung dan biaya tidak langsung. Biaya langsung berasal dari nilai sumber daya yang digunakan untuk melaksanakan aktivitas inti. Sedang, biaya tidak langsung berasal dari aktivitas manajerial seperti biaya depresiasi, biaya operasional, biaya pemeliharaan dan biaya kegiatan lainnya baik ditingkat fakultas maupun universitas. “Tidak ada investasi yang dibebankan ke dalam unit cost,” ujar Yanuar (05/01).

Standard harga dalam rincian unit cost menurut Yanuar berbeda-beda dalam setiap prodi. Harga satuan dapat berpacu pada lima sumber, Menteri keuangan, Gubernur, Bupati, Rektor serta harga pasar. “Kalo di tingkat nasional yg dikeluarkan Menkeu, namanya Standard Biaya Umum (SBU),” ujarnya.

Acara ini juga sebagai pembekalan mahasiswa yang akan terjun dalam perhitungan unit cost bersama tim ahli Universitas. Sebelumnya, pada keputusan rektor (17/12) tahun lalu telah disepakati pada point pertama bahwa revisi perhitungan UKT Unsoed melibatkan mahasiswa. (Al)

Print Friendly, PDF & Email
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

Orang berkomentar