Program Alih Jenjang Dihapuskan

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

“SK dari Dikti telah turun, kebijakan dekan faperta mulai 2014 tidak ada lagi alih jenjang. Sekarang program tersebut bernama Program Paralel S1 Agribisnis” ungkap Ir. Ari Purwaningsih, M.Si., Koordinator Alih Program Agribisnis Unsoed (04/02).

Memasuki semester genap di tahun 2014, alih jenjang yang selama ini menjadi wadah bagi lulusan sarjana profesi atau jenjang D3 mulai ditiadakan. Nantinya, program D3 hanya bisa melanjutkan sesuai dengan jalurnya yaitu D4 bukan beralih ke S1. “D3 itu berbeda jalur dengan S1. Kalau ingin melanjutkan seharusnya ke politeknik,” papar Ari saat ditemui Agrica disela kesibukannya. Dirinya menambahkan, sarjana D3 berada pada jalur sarjana siap teknik sedangkan sarjana S1 dipersiapkan untuk pengambilan kebijakan.

Ari menjelaskan pembubaran program alih jenjang karena kesulitan dalam manajemen. Perbedaan kurikulum bagi lulusan D3 dengan S1 menjadi salah satu alasannya. Kurikulum profesi untuk D3 lebih banyak praktik dibandingkan teori untuk mahasiswa S1. “Beda jalur, penyetaraan mata kuliah profesi dan akademisi menyulitkan manajemen,” tegas Ari.

Dihapuskannya program alih jenjang menuai banyak kekecewaan, khususnya bagi para mahasiswa D3 yang berniat untuk melanjutkan studinya ke S1. Seperti yang diungkapkan Tita Agrobisnis 2011 yang harus mengubur keinginannya untuk melanjutkan S1 setelah lulus nanti. “Kecewa sih, bingung mau lanjut kemana,”ungkap Tita (30/01). Tita dan beberapa mahasiswa D3 lainnya masih berharap tetap adanya program alih jenjang tersebut. “Harapannya program alih jenjang tidak jadi dihapus supaya bisa melanjutkan ke S1. Soalnya peminatnya masih banyak,” ungkapnya.  Namun Ari menjawab kemungkinan dibatalkan penghapusan alih jenjang itu tidak mungkin. “Sudah tidak mungkin diperbolehkan lagi,” tuturnya. (jovita/siwi).

Print Friendly, PDF & Email
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

Orang berkomentar