Pendopo untuk Siapa?

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
51

Selain dituntut untuk menguasai akademik, mahasiswa juga harus mempunyai kecerdasan sosial. Keterampilan tersebut dapat dibangun melalui kegiatan ekstrakulikuler seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Untuk mewadahi segudang kegiatan mahasiswa, Unsoed membangun Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) yang berisi ruang-ruang Sekretariat, pendopo dan fasilitas penunjang lainnya.

            Sebagai pusat kegiatan mahasiswa, pendopo PKM digunakan secara jamaah oleh mahasiswa Unsoed. Oleh karenanya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) BEM Unsoed membuat jadwal rutin untuk setiap UKM. “Ada jadwal rutin yang telah kami susun untuk UKM pengguna pendopo, khususnya UKM bela diri,” ujarImam Witjaksana, Staf MendagriBEM Unsoed (28/11). Alur peminjaman tempattelah dibuat Mendagri untuk mencegah terjadinya bentrokantar UKM. Peminjaman tempat diawali dengan pengajuan surat ke Mendagri, “Kemudian  kami akanacc jika tidak bentrok dengan kegiatan yang lain,” tambah Imam.

Walaupun jadwal telah ditur dengan rapi, tetapi masih ada bentrok antar UKM, “Tetap ada bentrok dengan ukm bela diri yang lain,”ujar Saiful Faizin, Ketua UKM bela diri Merpati Putih (28/11). Terjadinya bentrok waktu latihan di pendopo membuat latihan rutin yang dilakukan UKM terganggu.Seperti yang dikatakan Saiful, “Dengan bentrok ini kami terganggu, karena tempat latihan dibagi dua,” sambungnya. Hal tersebut dibenarkan oleh Imam,“Memang ada kegiatan yang bentrok antar UKM di Pendopo,” ucap Imam.

Mendagri menyelesaikan masalah bentrok ini dengan cara malakukan negosiasi, “Kami selesaikan masalah ini dengan UKM bersangkutan dan menyelesaikan secara kekeluargaan,” tutur Imam. Namun hingga kini permasalahan tersebut belum terselesaikan, ”Sampai sekarang belum terlaksana,” ujar Saiful.

Selain permasalahan tersebut, kegelisahaan datang dari salah satu pengguna pendopo PKM.Yana Maulana mahasiswa Teknik Pertanian 2016 mengatakan, ”Agak terganggu, biasanya mahasiswa yang latihan di pendopo lari-lari dan hampir menabrak laptop saya,” ucapnya (28/11). Hal senada dirasakaan UKM bela diri Merpati Putih, ”Saya juga merasa terganggu jika ada orang lain di sekitar area pendopo, kadang membuat tidak fokus dengan latihan,” ungkap Saiful.Menanggapi hal tersebut Imam berpesan, “PKM kan tempat milik bersama, kami berharap saling menghagai satu sama lain,” pungkasnya. (Cabe Amuk/ Cabe Etok)

Print Friendly, PDF & Email
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
51

Komentar

Orang berkomentar