Pendaftaran Sebelum Persetujuan, Lokasi KKN Diubah

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

Perubahanan lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) di dua kecamatan yang berlokasi di Kabupaten Kebumen terjadi pada KKN Pemberdayaan Masyarakat periode Juli-Agustus 2018. Perubahan dilakukan karena lokasi yang direncanakan telah dipakai oleh universitas lain. Hal ini disebabkan pendaftaran KKN sudah dibuka sebelum ada persetujuan dari kabupaten terkait.

Sistematiknya, LPPM selaku penyelenggara KKN mengirimkan surat pengajuan lokasi KKN kepada pemerintah kabupaten (Pemkab) tujuan, “Pihak sini (LPPM Unsoed), memberi surat ke Pemkab,” jelas Drs. Dalhar Shodiq, M.Si., selaku Sekretaris Pusat Pengembangan KKN LPPM Unsoed (27/4). Persetujuan lokasi KKN selanjutnya dilakukan oleh pemerintah kabupaten. Di tahun sebelumnya, pendaftaran KKN baru dibuka secara online setelah mendapat persetujuan lokasi dari kabupaten tujuan. Namun, pada periode ini pendaftaran KKN sudah dibuka meski belum ada persetujuan dari kabupaten tujuan. “Sudah menampilkan tempat yang diajukan meski belum ada persetujuan,” ungkap Dalhar. Hal ini bertujuan mempercepat pengumuman kelompok KKN. “Agar proses mengenal antar kelompok lebih cepat dilakukan”, tambahnya.

Perubahan sistematika malah membuahkan bermasalah.  Pasalnya, KKN yang berlokasi di Kecamatan Karanggayam dan Karangsambung, Kabupaten Kebumen dibatalkan. ”Dua kecamatan dipindah karena sudah ada universitas lain yang menempati,” jelas Dalhar. Hal ini mengakibatkan mahasiswa yang telah memilih lokasi tersebut harus dipindah ke kecamatan lain.

Dipindahkannya lokasi KKN membuat mahasiswa kecewa. “Kecewa, pemilihan lokasi kan banyak pertimbangan,” jelas Agatha Tunggadewi Mahasiswa Kedokteran Gigi 2015 (24/4). Selain itu, tidak adanya informasi resmi dari LPPM menjadikan mahasiswa bingung. “Infonya gak pasti, gimana selanjutnya, harus entri lagi atau tidak,“ tutur Hesty Tikapriasih Mahasiswa Kesehatan Masyarakat 2015 (24/4). Menanggapi hal tersebut, Dahlar mengungkapkan, “Tidak usah entri lagi, tinggal nunggu informasi saja,” tambahnya.

Pemindahan kedua kecamatan diklaim lebih strategis, “Dipindah ke Kecamatan Aliyan dan Poncowano,“ jelas Dahlar. Mengingat KKN dilakukan setiap tahun, mahasiswa berharap persiapan lebih dimatangkan lagi. “Semoga bisa direncanakan lebih matang lagi. Kalau ada pergantian info lebih cepat dan resmi,” harap Agatha. Hesty juga berharap, “Kalau ada pemindahan lokasi sebaiknya informasinya pasti, ada surat edaran dari LPPM,” ungkapnya (24/4). (Ersa/Nila)

Print Friendly, PDF & Email
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

Komentar

Orang berkomentar