Pemira Unsoed Kembali Lawan Kotak Kosong

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2

Pemilihan Umum Raya (Pemira) tahun 2017 tinggal beberapa hari lagi. Namun, hanya satu bakal pasangan calon (paslon) yang berhasil maju menjadi Calon Presiden dan Wakil Persiden BEM 2018. Pasangan Calon Presiden Sujada Abdul Malik dan Wakil Presiden Taufiq Ahmad Romdoni lolos verifikasi berkas pasangan Capres dan Cawapres BEM Unsoed 2018. Memunculkan hanya satu pasangan calon, nantinya kotak kosong sebagai lawan.

Sebelumnya terdapat dua bakal pasangan calon yang menyerahkan berkas pendaftaran tepat saat akan ditutupnya perpanjangan waktu pendaftaran Pemira. Tetapi, satu pasangan calon dinyatakan gagal pada saat verifikasi berkas. “Satu (bakal) pasangan calon  tidak lolos berkas, ada beberapa syarat berkas yang tidak terpenuhi,“ ungkap Alfian Kasmyir selaku ketua Komisi Pemilihan umum Raya (KPR) 2107 (5/12).

Menanggapi pemira 2018 yang kembali mengikutkan satu calon, Sujada Abdul Malik Calon Presiden BEM 2018 mengungkapkan strategi yang dilakukan  berupa pengenalan visi misi. “Kalo cuma satu ya memperkenalkan visi misi dan kedepannya seperti apa dan juga strategi media dan strategi non media,“ kata Sujada (5/12). Terkait pelaksanaan timeline kampanye Sujada mengungkapkan kesiapannya. “InsyaAllah sudah siap terkait kampanye dan jajak pendapat,” ungkapnya.  

Meski hanya ada satu paslon, pihak KPR masih menyediakan mekanisme sosialisai untuk pasangan calon. “Ya masih ada lah, KPR sudah ada timelinenya,” jelas Alfian. Mekanisme sosialisasi calon tunggal akan diadakan melalui jajak pendapat. “Sama aja kok, tapi debat diganti dengan jajak pendapat,“ tambahnya. Namun KPR tidak menyediakan kampanye bagi kotak kosong, “ Kampanye kotak kosong tidak ada,” tambah Alfian.

Perihal lawan kotak kosong, terdapat kemungkinan kemenangan diraih kotak kosong. Jika hal tersebut terjadi maka akan dibawa ke DLM. “Kalo kotak kosong menang, hasil akan dibawa ke DLM untuk diadakan sidang istimewa,” jelas Alfian. Pernyataan tersebut dibenarkan Putri Shilah Bintani, Ketua Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM), “Akan diserahkan ke DLM dan tentunya DLM akan koordinasi terlebih dahulu dengan rektorat selaku pembina,” ungkapnya (6/12).

Merujuk pada lawan kotak kosong, Taufiq Ahmad Romdoni Calon Wakil Presiden BEM Unsoed 2018 berharap adanya kelancaran Pemira. “Harapannya Pemira tahun ini lancar, hasil mempresentasikan suara mahasiswa,” harapnya (4/12). Senada dengan Taufiq, Alfian juga mengungkapkan, “Semoga semangat demokrasi mahasiswa bisa lebih maju,“ ujarnya. (Nila)

 

Karikatur: Agc/Dian

Print Friendly, PDF & Email
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2

Komentar

Orang berkomentar