MUSKEMA, Minim Persiapan Minim Peserta

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Musyawarah Keluarga Mahasiswa (Muskema) merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi di KEMA Faperta Unsoed. Laporan pertanggung jawaban BEM serta laporan pelaksanaan tugas DLM menjadi bagian dari agenda yang dibahas di forum ini. Acara yang awalnya akan dilaksanakan 12 November 2012 nyatanya mundur hingga 19 November 2012.

Mundurnya jadwal pelaksanaan muskema disinyalir karena ketidaksiapan panitianya. Ketidaksiapan panitia terlihat pula saat acara berlangsung. Presidium tampak kewalahan dengan tidak tersedianya LCD, laptop dan spidol yang akan digunakan untuk mencatat masukan dari peserta.

Oki, ketua panitia muskema, mengakui bahwa timnya hanya memiliki waktu singkat untuk merencanakan acara ini. Sehingga acara terlihat kurang persiapan. “Kita hanya punya waktu seminggu untuk mempersiapkan muskema, maklum saja kalau acaranya agak berantakan,” tutur Oki.

Selain persiapan panitia yang kurang maksimal, antusiasme mahasiswa dalam menghadiri muskema tidak begitu besar. Terbukti pada hari pertama hanya 38 mahasiswa yang datang. Namun, jumlah ini masih lebih banyak dibandingkan dengan tahun kemarin yang hanya dihadiri kurang dari 10 orang. “Dibanding tahun lalu, muskema tahun ini lebih banyak peserta. Tahun lalu kurang dari 10,” ujar Oky.

Gina TEP 2011 mengungkapkan bahwa dirinya tidak tahu tentang acara muskema. “Muskema itu apa ya? semacam acara kampus gitu ya? Tapi aku nggak tau itu acara apa,” ujar Gina.

Nabila, presidium sementara muskema, menyayangkan minimnya kesadaran mahasiswa faperta dalam muskema. “Seharusnya semua mahasiswa pertanian punya kesadaran untuk mengikuti agenda akbar tahunan faperta ini demi kepentingan bersama,“ ujar Nabillah.

Muskema diawali dengan penentuan agenda sidang. Sempat terjadi perdebatan dalam penentuan agenda sidang. Antara LPJ BEM dan LPT DLM didahulukan atau pembahasan AD/ART lebih dulu. Muskema selasa (20/11) menetapkan agenda sidang. Laporan pertanggung jawaban disepakati untuk diagendakan sebelum AD/ART. Sebelumnya telah disepakati penambahan agenda Muskema yakni pemilihan dan penetapan anggota DLM dan presiden BEM.(Anita/Kisty)
Print Friendly, PDF & Email
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

Orang berkomentar