Menagih Sisa Pekerjaan BEM

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Masa jabatan lembaga eksekutif dan legislatif di Fakultas Pertanian tinggal menghitung hari. Berdasarkan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) satu periode kepengurusan BEM dan DLM akan berakhir pada Oktober sampai November ini. Namun hingga menjelang akhir kepengurusannya belum ada transparansi program kerja.

Dijumpai di sekretariatan BEM, Billy, sekretaris umum, menyatakan BEM telah bekerja dengan baik. Masing-masing kabinet telah menjalankan program kerja yang disusun di awal kepengurusan. Menurut Billy, kinerja BEM sudah tampak nyata. “Sistemnya kita bukan transparan lagi, tapi sudah bugil,”ungkapnya.

BEM melalui menteri advokasinya, Kamal, mengakui awalnya akan dilaksanakan open house untuk mempublikasikan proker BEM. Namun rencana itu belum terealisasikan karena terbentur kegiatan lainnya, seperti pemira BEM Universitas sehingga publikasinya tidak terlaksana. “Awalnya mau ada publiskasi proker sekaligus open house tetapi terbentur dengan masalah lain seperti Pemira BEM-U,” jelasnya.

Namun Kamal menambahkan sebenarnya tidak ada kewajiban bagi BEM untuk mempublikasikan proker mereka. “Presiden SBY pun tidak ada publikasi prokernya. Selama ini jalanin aja proker-prokernya,” ungkapnya. Menurutnya jika mahasiswa ingin tau program kerja BEM sebaiknya datang muskema dan mengkritisi program kerja yang terlaksana.

Berbeda dengan Kamal, Patar, Agroteknologi 2009 (10/10) mengungkapkan idealnya sebagai lembaga yang membawahi banyak orang (hima-unit) sebaiknya ada pemaparan atau publikasi tentang proker.

Salah satu program kerja andalan BEM adalah bina desa fakultas pertanian. Program kerja ini dinilai Gusti, ketua UKK, cukup berhasil dalam menyatukan Hima-Unit. Kegiatan tersebut diadakan rutin satu minggu sekali dengan peserta dari Hima-Unit yang ditunjuk secara bergilir. Hima-Unit yang ditunjuk dapat mengisi dengan kegiatan-kegiatan yang menyangkut keprofesiannya masing-masing. “Walupun yang berpartisipasi bisa dibilang sedikit tapi tetep jadi bisa kenal anak Hma-Unit lain” tutur gusti. (8/10)

Gina berpendapat bahwa kegiatan BEM sekarang kurang menonjol, hanya sekedar program kerja yang sudah ada di tahun tahun sebelumnya. Menurutnya, dalam kepemimpinan kali ini tidak ada perampingan proker, banyak proker yang terulang diantara hima-unit bahkan BEM. “Harapannya, BEM bisa berjalan beriringan. Jadi ada harmonisasi antara hima-unit dengan BEM (8/10)”, Gina menanggapi.

DLM sebagai pemegang kendali atau bertugas mengawasi kinerja BEM tampaknya belum bisa berjalan secara harmonis. Faris selaku presiden BEM mengakui tentang ketidakselarasan ini , “seharusnya mereka peka terhadap lingkungan kampus. saya takutnya garis koordinasi yang telah ada ini malah menyalahi aturan “ ungkapnya, (8/10). Saat DLM akan dimintai keterangan mengenai hal ini, anggota DLM tidak bisa dihubungi. (Putricakka/dianjojo/nurul)
Print Friendly, PDF & Email
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

Orang berkomentar