KKN Juli – Agustus Kuota Terbatas

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode Juli–Agustus 2013 diliputi kecemasan mahasiswa calon peserta KKN. Pasalnya, kuota KKN kali ini dibatasi. Pihak penyelenggara KKN yaitu LPPM, menegaskan kembali terkait hal tersebut.

“Mahasiswa yang sudah bisa KKN se-UNSOED ada 2000an, sedangkan kuota KKN cuma untuk 1000 mahasiswa,” kata Kassubag Program Data dan Informasi LPPM , I Wayan Budiana, S.Kom, Selasa (16/4) di LPPM. Lebih lanjut dijelaskan terkait kuota tersebut masih dibagi lagi ke dalam kuota tiap fakultas. Seperti contoh, Fakultas Pertanian akan diberi kuota 100 mahasiswa.

1000 mahasiswa peserta KKN nantinya akan dibagi ke dalam dua tema yaitu KKN Tematik dan Posdaya. KKN tematik dijatahkan untuk 306 mahasiswa sementara sisanya akan menjalani KKN Posdaya.

LPPM mengambil jalan tengah terkait keterbatasan kuota dengan menentukan mahasiswa yang berhak mengikuti KKN. “Nanti 29 April LPPM akan mengeluarkan daftar nama mahasiswa yang berhak ikut KKN periode ini,” ujarnya. Langkah tersebut terpaksa ditempuh untuk menghindari terjadinya mahasiswa sudah membayar ke bank namun gagal berangkat.

KKN Juli–Agustus nampaknya akan berbeda dengan KKN sebelumnya. Kali ini KKN dijadwalkan dimulai pada 15 Juli 2013 dan berakhir 31 Agustus 2013. Di tengah jadwal tersebut, KKN akan terpotong oleh Hari Idul Fitri yang jatuh pada 8-9 Agustus 2013. LPPM telah mengantisipasinya dengan menyediakan waktu libur  bagi peserta KKN. “Nanti mahasiswa KKN bisa ijin tanggal 3 – 13 Agustus. Setelah itu, lanjut KKN lagi,” jelas I Wayan. Konsekuensinya, mahasiswa tidak memiliki waktu kosong setelah KKN, sebab kegiatan perkuliahan Semester Gasal Tahun Ajaran 2013/2014 dimulai 1 September 2013.

Keterbatasan waktu dan kendala Hari Raya ini mempengaruhi lokasi KKN yang dipilih oleh LPPM. “Periode Juli-Agustus hanya akan mengirimkan mahasiswa KKN ke 50 desa yang terdapat di dua Kabupaten yaitu Banyumas dan Cilacap,” tutur I Wayan. Ia menambahkan, Kabupaten Banyumas akan disebar ke lima kecamatan, sementara Kabupaten Cilacap terdapat empat kecamatan sasaran KKN.

“Baru tau malah kalo infonya kayak gitu,” ujar Novi, Mahasiswi Agribisnis 2010 (16/4). Ia mengaku cemas nantinya dapat KKN periode Juli-Agustus atau tidak. Terlebih bagi mahasiswa yang belum mengetahui info tersebut. “Kasian kalo yang udah bisa KKN, tapi mungkin nanti telat bayar,” pungkasnya. (Widya, Lani)

Print Friendly, PDF & Email
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

Orang berkomentar