Debat Paslon Presiden dan Wakil Presiden BEM Sambut Pemira 2019

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
831

Kamis (5/12) Komisi Pemilihan Raya (KPR) Unsoed menggelar debat terbuka Pasangan Calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden BEM yang bertempat di Aula Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (Fikes). Cindra Chatami selaku moderator mengawal berlangsungnya acara. Jajaran panelis diisi oleh Bowo Sugiarto, S.IP., MSi., Eko Kurniawan, SPd., MPd., dan Nabila Khansa Naura. Debat ini sekaligus menjadi penutup dari masa kampanye Capres-Cawapres BEM.
Muhammad Ipnudin selaku Ketua KPR Unsoed 2019 mengungkapkan bahwa tujuan diadakannya debat ini adalah untuk memperkuat pandangan Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Unsoed, “Tujuannya supaya pandangan KBM Unsoed lebih kuat” ungkapnya. Format acara dibagi menjadi tiga sesi, yaitu sesi tanya jawab antara panelis dengan paslon, sesi tanya jawab antar masing-masing paslon, dan terakhir adalah sesi tanya jawab antara audiens dengan paslon.
Topik yang dibahas dalam debat kali ini menyoroti peran BEM dalam pemberdayaan masyarakat dan sebagai media advokasi. Debat berlangsung dengan lancar sebagaimana yang diungkapkan oleh Isnaya, Mahasiswa Agribisnis 2019, “Dari kedua paslon sudah lugas dan tepat dalam menyampaikan visi misinya,” ujarnya. Ganang Anugrah Agung, Capres dari Paslon nomor urut 1 menambahkan, “Secara teknis, cukup bagus. Debat ini bisa menjadi tolak ukur bagi mahasiswa untuk menentukan pilihan,” tambahnya.
Meskipun dihadiri oleh berbagai elemen mahasiswa, debat kali ini dinilai kurang tersosialisasikan terutama bagi mahasiswa baru angkatan 2019. “Kalau bisa lebih disosialisasikan untuk mahasiswa baru karena masih banyak yang belum tahu tentang debat ini,” ungkap Isnaya. Ganang juga menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang harus diperbaiki terkait dengan rangkaian kegiatan Pemilihan Raya (Pemira), “Sistematisnya lebih diperjelas lagi supaya tidak ada kegundahan dari paslon yang mengikuti rangkaian pemira,” tuturnya. Dengan terselenggarakannya acara debat, Ganang berharap agar Pemira dapat berjalan dengan baik, “Semoga tidak ada halangan apapun, semua berjalan dengan tertib dan mahasiswa dapat menggunakan hak pilihnya dengan bijak,” harapnya. (Syifa/Iffa)

Gambar: Agc/Syifa

Print Friendly, PDF & Email
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
831

Komentar

Orang berkomentar