Bidik Misi Ditangguhkan, Unsoed Janjikan UKT Level 1

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Sejumlah mahasiswa yang akan menerima beasiswa bidik misi sedang menupulkan berkas pembuatan rekening pada salah satu pegawai bank swasta (kerudung kuning) pada Jum’at (11/10), di Gedung Soemardjito. Mahasiswa membayar 20 ribu rupiah dalam pembuatan rekening. (Foto: Agc/Janu)

Unsoed janjikan 38 mahasiswa yang batal menerima bidik misi akan membayar UKT level 1 hingga lulus. Kebijakan ini hadir seiring pengurangan jatah penerima beasiswa bidik misi di Unsoed oleh Dikti. Hal ini dilakukan supaya mereka (red: mahasiswa yang ditangguhkan menerima bidik misi) tidak kecewa pada kebijakan ini.

Hal tersebut disampaikan Eko Sumanto, selaku Kepala Sub Bagian Akademik dan Evaluasi, dalam sambutan acara Pembuatan Rekening Bidik Misi di Gedung Soemarjito pada Jum’at (11/10), “Kami tidak ingin mengecewakan dan php-in kalian (red: mahasiswa yang ditangguhkan menerima bidik misi),” ujarnya (11/10).

Menanggapi adanya kebijakan tersebut mahasiswa yang ditangguhkan menerima beasiswa bidik misi tidak keberatan, “Ga papa kalau bayar UKT di level 1,” ujar Irfan, mahasiswa Hukum 2015. Hal senada juga disampaikan Sukoi, mahasiswa Administrasi Negara 2015, “Ga papa. Yang penting tetap bisa dapat beasiswa lain dan turunnya segera,” pintanya.

Sebelumnya, sejumlah 40 mahasiswa dipanggil Bagian Akademik untuk membicarakan penangguhan beasiswa bidik misi. Setelah ada informasi penangguhan tersebut dua mahasiswa mengundurkan diri, “Mahasiswa Fakultas Biologi dan Ekonomi mengundurkan diri karena diterima di universitas lain dan bekerja,” jelas Eko.

Unsoed beranggapan kuota bidik misi 2015 tidak akan jauh dari 2014 yang mencapai 650 orang. Namun kuota tersebut ternyata turun menjadi 575 ketika mahasiswa sedang diregistrasi pada Agustus lalu, “Lima tahun terakhir kuota penerima bidik misi terus meningkat. Hal itu yang membuat kita optimis untuk membuka 615 mahasiswa bidik misi tahun ini,” jelas Eko.  (Utari/Janu)

Print Friendly, PDF & Email
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

Orang berkomentar