Kesalahan SK Penagihan UKT SNMPTN 2016

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

     Jumat (4/11) dilakukan audiensi guna menindaklanjuti SK Penagihan UKT Maba SNMPTN 20161) yang diedarkan ke tiap fakultas. Audiensi dilakukan terbatas dengan perwakilan mahasiswa serta jajaran dekanat dan rektorat.

      Bertempat di ruang rapat lantai tiga gedung Rektorat Unsoed, audiensi membahas berbagai permasalahan UKT. “Dari awal sama-sama kita pahami, UKT bermasalah,” ujar Agus Yusup, Menteri Advokasi BEM Unsoed (4/11). Sayangnya, dalam audiensi Rektor Unsoed dan Wakil Rektor Bagian Umum dan Keuangan selaku pemegang kebijakan berhalangan hadir.

      Penagihan UKT dilakukan terhadap sebagian Maba SNMPTN 2016 yang belum dibayarkan saat registrasi. Namun, dalam lampiran SK tertera pula mahasiswa yang mengalami kenaikan nominal UKT. Hal tersebut menyebabkan mahasiswa harus melunasi kekurangan pembayaran di tengah semester. “UKT itu di awal semester, tetapi kenapa di tengah semester ditagih lagi?,” keluh salah satu Maba SNMPTN 2016 (4/11).

       Selain pembayaran di tengah semester, terdapat berbagai kesalahan substansi dalam SK Penagihan UKT. “Ada mahasiswa yang kurang bayar UKT, tapi yang kelebihan kenapa gak dicantumkan?” ungkap Faisal Azhari, Mahasiswa Hukum 2012 (4/11). Menanggapi hal tersebut, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama & Humas, Drs. Sigit Wibowo DN, M.M., mengakui adanya kesalahan dalam pembuatan SK, “SK ini ada kesalahan secara administrasi,” ungkapnya (4/11).

       Dr. Kartono, S.H., M.H., Dosen Fakultas Hukum Unsoed, mengungkapkan ada dua alternatif untuk menangani kesalahan SK Penagihan UKT. “Dua alternatif yang bisa diambil adalah perubahan atau pencabutan SK,” ungkap Kartono (4/11). Menanggapi hal tersebut, pihak rektorat meminta tenggat pembahasan selama lima hari kerja untuk memutuskan.

         Himbauan kemudian diungkapkan agar mahasiswa terdaftar dalam SK Penagihan UKT tidak melakukan pembayaran terlebih dahulu. “Senin (7/11) nanti ada surat edaran penundaan pembayaran sampai ada keputusan perubahan atau pencabutan SK,” ujar Sigit. (Anggia/Isti) (Foto: Agc/Dian)

1)SK Rektor No.1064/UN23/PP.01.00/2016 tentang Penagihan Biaya UKT bagi Mahasiswa Jalur SNMPTN Tahun Angkatan 2016

Print Friendly, PDF & Email
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

Orang berkomentar