Audensi Pungutan Liar Pelepasan Calon Wisudawan

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2

Senin (6/3) diadakan audiensi di aula rektorat Unsoed terkait pungutan liar fakultas pada pelepasan calon wisudawan. Hal tersebut didasarkan pada pembebanan biaya pelepasan calon wisuda yang seharusnya dimasukkan dalam unit cost UKT, seperti yang dilakukan Fakultas Hukum. Selain itu perbedaan anggaran atau pungutan disetiap fakultas dengan atribut yang sama menjadi permasalahan yang disorot.

Audensi dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor III, Dekan atau perwakilan tiap Fakultas, dan perwakilan mahasiswa. Beberapa fakultas yang menyelenggarakan pelepasan calon wisudawan menyampaikan klarifikasinya, “Sejak Desember Fakultas Ilmu Budaya tidak mengadakan pelepasan, namun tahun ini karena permohonan mahasiswa kami adakan seadanya”,  tutur Imam Suhardi, M. Hum selaku Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Budaya (6/3). Sedangkan di FISIP, dosen menyerahkan seluruh kegiatan pelepasan kepada BEM, “ Karena sudah bukan ranah kami, kami serahkan kembali ke mahasiswa”, ujar Dr. Joko Santoso, M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP (6/3).

Muncul satu solusi yang disampaikan oleh salah satu mahasiswa mengenai permasalahan tersebut, “ Kalau memang tidak ada anggaran pelepasan sebaiknya tidak perlu diadakan”, ujarnya (6/3). Usulan tersebut diamini oleh Wakil Rektor III, “Kalo diadakan harus ada pelepasan bersama dan tidak menimbulkan polemik”, tambahnya (6/3).

Keputusan akhir yang dikeluarkan oleh Wakil Rektor III adalah untuk menunjang ulang pelepasan calon wisuda di masing-masing fakultas, “Mengundang calon wisudawan dan menganjurkan untuk tidak melakukan pelepasan, kecuali mereka memohon hitam diatas putih kepada fakultas dan dilaksanakan mahasiswa sendiri”. (Ema)

 

Print Friendly, PDF & Email
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2

Komentar

Orang berkomentar